Mon - Sat: 09.00 – 17.00Sunday: 10.00 – 17.00+62 21 728-00617Jl. Radio Dalam Raya No 49Jakarta 12140

Pentingnya Periksa Kondisi Mata, Telinga, dan Hidung Hewan Kesayangan Anda

Pentingnya Periksa Kondisi Mata, Telinga, dan Hidung Hewan Kesayangan Anda

20 Januari 2018 by Info Groovy0
Pentingnya-Periksa-Kondisi-Mata-Telinga-dan-Hidung-Hewan-Kesayangan-Anda.jpeg

Selain pemeriksaan rutin ke dokter hewan, anda sendiri dapat menentukan kesehatan hewan kesayangan anda dengan sering memeriksa mata, telinga, dan hidung mereka. Seperti apakah yang sehat dan tidak?

Kondisi Mata Hewan yang Sehat

Lihat mata hewan kesayangan anda di tempat yang terang. Kedua mata seharusnya terlihat jernih dengan pupil yang berukuran sama. Pupil harus bereaksi terhadap intensitas cahaya yang berbeda dengan sama-sama membesar atau mengecil. Tidak boleh ada kelihatan robek pada jaringan mata, buram, kemerahan baik pada bagian putih (sklera) dana tau pada kelopak mata, leleran di sekitar mata, keradangan, atau asimetris pada kedua mata.

Mata yang kotor dapat menyebabkan macam-macam masalah seperti iritasi dan infeksi. Hewan kesayangan anda akan mencoba menggosok matanya karena tidak nyaman dan gosokan ini dapat menyebabkan luka atau lecet pada pada permukaan luar bola mata (kornea). Agar mata hewan kesayangan anda tetap bersih, gunakanlah pembersih mata yang tidak mengiritasi mata. Individu yang berbeda memiliki tingkat produksi air mata yang berbeda pula sehingga anda sendiri dapat menentukan sesering apa mata hewan kesayangan anda harus dibersihkan.

Untuk anjing dan kucing yang sehat dengan rambut pendek, pembersihan mata rutin mungkin tidak diperlukan. Untuk beberapa ras seperti kucing Persia atau anjing Shih-Tzu yang memiliki wajah pesek dengan rambut panjang dan mata menonjol, pembersihan mata perlu dilakukan setiap hari. Rambut di sekitar mata juga harus rutin dipotong untuk menghindari iritasi mata karena rambut atau rambut kusut karena leleran mata, bila ini terjadi, membersihkan mata akan jadi lebih sulit dan dapat menyebabkan iritasi lebih jauh.

Kondisi Hidung Hewan yang Sehat

Hidung tidak boleh terlihat dengan leleran berlebihan. Pada hewan yang menderita flu, selain bersin dan batuk anda dapat melihat adanya leleran baik yang encer sampai kental, kadang bahkan dengan nanah atau darah.

Untuk anjing, kelembaban hidung dapat berubah-ubah dalam sehari. Tidak seperti kepercayaan umumnya, kelembaban hidung bukan merupakan indikasi hewan sakit atau tidak. Anjing anda mungkin baru saja tidur sambal berjemur sehingga hidungnya terlihat kering dan hangat. Selama hidungnya bersih, terlihat simetris, tidak ada luka, kerak, dan ingus berlebihan maka kondisinya dapat dikatakan baik. Bila hidung hewan kesayangan anda kotor karena makanan atau tanah, anda dapat membersihkannya dengan kain atau kapas basah.

Kondisi Telinga Hewan yang Sehat

Telinga harus terlihat kering dan bersih. Kotoran telinga normal biasanya berwarna sedikit kekuningan hingga kecokelatan, dan agak lengket. Tidak boleh terlihat kotoran telinga berlebihan, berkerak, berbau busuk, adanya cairan, atau indikasi kerandangan seperti kemerahan, penebalan kulit, dan rasa gatal. Telinga yang kotor dapat disebabkan oleh alergi, infeksi, atau infestasi ear mites.

Telinga memiliki mekanisme sendiri untuk mengeluarkan kotoran telinga dari liangnya namun lagi-lagi ada perbedaan diantara individu. Anda perlu membersihkan telinga hewan peliharan anda seminggu sekali atau dua kali bila dibutuhkan, namun jangan terlalu sering karena akan menyebabkan iritasi telinga. Untuk membersihkan liang telinga anda harus menggunakan cairan pembersih telinga. Teteskan cairan tersebut ke dalam liang telinga kemudian pijat-pijat dasar daun telinga. Setelah itu biarkan hewan kesayangan anda menggeleng-gelengkan kepala untuk mengeluarkan cairan pembersih beserta kotoran telinga. Kemudian anda dapat membersihkan sisa cairan dan kotoran di bagian luar telinga dengan kapas kering atau cotton bud. Jangan menggunakan cotton bud untuk membersihkan ke dalam liang telinga karena dapat melukai gendang telinga. Bersihkan hanya pada bagian-bagian yang terlihat dari luar.

Beberapa jenis ras anjing seperti Poodle, Schnauzer, dan Maltese sering memiliki rambut yang tumbuh di dalam liang telinga. Kadang rambutnya cukup tebal sehingga dapat mengganggu sirkulasi udara, mengganggu jalan keluar kotoran telinga, dan merupakan lingkungan yang baik bagi pertumbuhan bakteri dan jamur. Groomer biasanya dapat mencabuti rambut-rambut ini untuk membersihkan telinga. Sebaiknya pencabutan rambut dilakukan pada usia dini untuk membiasakan anjing.

Bila infeksi telinga sudah terjadi, hubungi dokter hewan anda segera. Liang telinga posisinya cukup dalam masuk di rongga tengkorak. Di dalamnya terdapat pula ujung syaraf yang sensitive beserta kanal semisirkularis yang merupakan pusat kesetimbangan tubuh. Makin lama infeksi terjadi, semakin dalam bagian liang telinga yang terkena dampaknya dan makin sulit untuk disembuhkan apalagi bila kanal semisirkular sudah terkena, hewan kesayangan anda akan kehilangan kesetimbangan tubuhnya.

-oOo-

Saat anda sudah telaten menjaga kebersihan dan kesehatan hewan kesayangan anda namun masih melihat tanda-tanda keradangan yang mengganggu, mereka mungkin memiliki masalah lain seperti alergi glaucoma, infeksi jamur, atau bahkan ear mite. Bawalah hewan anda ke dokter hewan segera untuk berkonsultasi.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Berlangganan Newsletter

Dapatkan berbagai informasi menarik dan penting dari Groovy Vetcare secara langsung ke email Anda.

©2018 All Right Reserved | GROOVY VETCARE - Jl. Radio Dalam Raya No 49, Jakarta

Subscribe To Our Newsletter

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!